• foto2

Jadwal Ibadah Minggu

• Ibadah Umum : 06:00 ; 08:00 ; 10:30 : 17:00 wib
• Ibadah Anak : 06:00 ; 08:00 ; 10:30 : 17:00 wib
• Ibadah Tunas : 06:00 wib
• Ibadah Remaja : 08:00 wib

• Persekutuan Pemuda : 18:30 wib Sabtu
• Persekutuan KUL : 16:00 wib Sabtu Ke.2


PERGUMULAN JEMAAT


 

Tutorial

Written by GKI Serpong on . Posted in Cermin

Semua serba mudah sekarang. Semua ada di internet. Info apapun bisa didapat melalui internet. Mulai dari berita, lokasi tempat, bahkan informasi tentang orang pun bisa ada di internet. Untuk mencari cara membuat masakan, cara memperbaiki mobil, cara merakit lemari, cara mengaplikasikan make-up juga ada di internet. Semuanya serba mudah! Buka internet, maka semuanya bisa dicari. Sekarang sudah tidak perlu buku resep masakan, karena di youtube sudah banyak orang yang membagikan resep masakan secara gratis. Uniknya, ada resep membuat telur dadar. Astaga! Telur dadar saja harus ada yang memberikan resepnya? Lalu ada juga resep membuat pisang goreng. Dari hal-hal yang kelihatannya mudah sampai yang sulit pun ada resepnya. Semua ada cara membuatnya atau lebih dikenal dengan tutorial.Semua serba mudah sekarang. Semua ada di internet. Info apapun bisa didapat melalui internet. Mulai dari berita, lokasi tempat, bahkan informasi tentang orang pun bisa ada di internet. Untuk mencari cara membuat masakan, cara memperbaiki mobil, cara merakit lemari, cara mengaplikasikan make-up juga ada di internet. Semuanya serba mudah! Buka internet, maka semuanya bisa dicari. Sekarang sudah tidak perlu buku resep masakan, karena di youtube sudah banyak orang yang membagikan resep masakan secara gratis. Uniknya, ada resep membuat telur dadar. Astaga! Telur dadar saja harus ada yang memberikan resepnya? Lalu ada juga resep membuat pisang goreng. Dari hal-hal yang kelihatannya mudah sampai yang sulit pun ada resepnya. Semua ada cara membuatnya atau lebih dikenal dengan tutorial.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tutorial artinya pengajaran tambahan melalui tutor. Karena sifatnya tambahan, jadi harusnya hal yang mendasar tidak masuk dalam tutorial. Tetapi, sekarang sudah banyak muncul tutorial, bahkan untuk hal-hal sederhana dan mendasar seperti membuat telur dadar dan pisang goreng. Ternyata membuat telur dadar sangat mudah. Bahannya, telur; cara masak: didadar. Jadilah telur dadar. Cara membuat pisang goreng mudah sekali! Bahannya, pisang; cara masak, digoreng. Selesai! Jadilah pisang goreng. Itu adalah tutorial: ada bahan dan petunjuk ara membuatnya.

Padahal, sebelum youtube merajalela, kita sudah memiliki pemandu yang mengajar-kan kita hal-hal praktis untuk menjalani kehidupan di dunia ini. Kristus adalah seorang tutor, yang memberikan pemahaman tambahan tentang Kerjaan Allah. Orang-orang yang sudah paham hukum Taurat, mungkin tidak perlu tutorial. Tapi Kristus datang kepada mereka yang memiliki pemahaman dan akses terbatas untuk memahami Taurat. Maka, Kristus hadir kepada mereka yang minoritas, yang terbuang, yang dikucilkan sehingga tidak bisa memahami Taurat.

Cara Kristus menyampaikan tutorial cukup unik: memakai perumpamaan supaya bisa dipahami oleh para pendengarnya. Dari hal yang mudah, seperti mengenal sesama manusia yang selalu dilihat, sampai ke hal yang sulit seperti Kerajaan Allah yang tidak kasat mata. Kristus menjadi tutor yang baik karena Ia, sebagai Tuhan, mengalami apa yang dialami oleh manusia. Mulai dari lahir, menjadi anak-anak, tumbuh dewasa, belajar agama, memiliki teman, kemudian disiksa lalu mati. Kristus mengalami semua itu. Sehingga kita harus belajar kepada Kristus. "Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan."

(Mat. 11:29) Kristus mengalami semuanya! Sehingga Dia bukanlah Tuhan yang tidak tahu penderitaan kita, tapi Dia paham betul apa yang dirasakan oleh manusia.Apa yang disampaikan Kristus bukanlah hal yang baru, tapi sebuah pemahaman yang disempurnakan. Kita diajak untuk bisa mengikuti pengajaran-Nya. Ikuti setiap petunjukknya. Sebelum ada youtube, kita sudah diberi panduan oleh Kristus. Dia tutor yang baik dan setia, Dia jadi panutan setiap orang Kristen untuk menjadi manusia yang berkenan di hadapan Allah. Kristus menunjukkan bahan yang dibutuh-kan dalam menjadi manusia yang berkenan di hadapan Allah: keinginan untuk mengikut Kristus dan keinginan untuk belajar pada-Nya. Cara untuk jadi manusia yang berkenan di hadapan Allah: mengikut Kristus. Ada banyak contoh, banyak penjelasan. Tapi kalau kita tidak memiliki bahan, walaupun tersedia banyak cara, tentu saja percuma.

Walaupun kita dikelilingi dengan berbagai kemudahan karena kemajuan teknologi, kita harus tetap ingat bahwa Kristus adalah tutor kita yang sejati. Dia dengan penuh kasih mendampingi kita untuk belajar menjalani berbagai proses kehidupan. Dia adalah Tuhan yang (tahu rasanya) menjadi manusia. Jadi, apa alasan kita untuk tidak percaya pada Kristus? Dia tahu semuanya! Dia adalah tutor yang baik. Seng ada lawan! Tutorialnya mana? Ada dalam Alkitab. Bacalah dan lakukanlah! 


@manda_ruyo (Cermin - Warta Jemaat, 15 Oktober 2017

AgusSusantoPdt. Em. Agus Susanto
AgusWijayaPdt. Agus Wijaya
YonatanWPdt. Yonatan Wijayanto
YosiPdt. Yosias N Wijaya
MandaPdt. Manda L Dandel
MarfanPdt. Marfan F Nikijuluw

Info Kontak: GKI Serpong

Giri Loka 2 Jl. Gunung Merbabu Blok R
BSD City Serpong

Koordinat GPS: 5:60 16,58,7" E: 1060 40' 16.6"
Telp (021)-5370366, Fax : (021)-5372125
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Badan Hukum

GEREJA KRISTEN INDONESIA SERPONG
Badan Hukum : SK Dirjen Bimas Kristen Depag. RI No: DJ III/Kep/HK.00.5/55/719/2007
DEPAG : NOMOR DJ III/Kep/HK.00.5/64/977/2004

Pengunjung

Flag Counter