• foto2
  • gki7

Jadwal Ibadah Minggu

• Ibadah Umum : 06:00 ; 08:00 ; 10:30 : 17:00 wib
• Ibadah Anak : 06:00 ; 08:00 ; 10:30 : 17:00 wib
• Ibadah Tunas : 06:00 wib
• Ibadah Remaja : 08:00 wib

• Persekutuan Pemuda : 18:30 wib Sabtu
• Persekutuan KUL : 16:00 wib Sabtu Ke.2


PERGUMULAN JEMAAT


 

Tanda-tanda Alam; Gejala Apakah ?

Written by GKI Serpong on . Posted in Cermin

Kira-kira seminggu silam terjadi angin puting beliung di Bogor. Banyak bangunan rusak, mobil tertimpa pohon tumbang, dan beberapa orang jadi korban. Satu di antaranya meninggal karena tertimpa pohon saat ia berada di dalam mobilnya. Tak lama kemudian angin serupa muncul di kawasan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta. Disusul hujan deras beberapa hari sesudahnya, menyebabkan banjir dan longsor di berbagai tempat. Banyak kalangan mulai kembali bertanya, “Ada apa gerangan?”

Tak sedikit yang menghubungkan hal ini dengan akhir dunia. Sungguhkah dunia akan segera berakhir? Tidak ada yang bisa menjawabnya. Namun menilik peristiwa-peristiwa yang lampau, ada yang menyimpulkan bahwa ini kejadian biasa yang bisa terjadi kapan saja, tanpa mengaitkannya dengan akhir dunia.

Yang jelas, ini bukanlah drama satu babak yang bisa dilewatkan begitu saja. Seakan tidak ada hal penting yang perlu mendapat perhatian. Tanda-tanda alam ini memper-lihatkan beberapa hal.

Pertama, bumi ini mengalami penglemahan fisik. Ciptaan Tuhan ini sudah berusia ribuan tahun dan semakin lama semakin lemah. Tanpa pelestarian dan pemeliharaan yang hati-hati, ia akan semakin menunjukkan kerentanan dan kerapuhannya, sehingga penghuninya tidak bisa merasakan kenyamanan tinggal di dalamnya lagi.

Kedua, dan ini yang memperparah kondisi bumi. Perilaku manusia yang acuh tak acuh, mengabaikan lingkungan dengan berbagai sikap merusak, menjadi salah satu faktor yang tak boleh luput dari perhatian kita. Membuang sampah sembarangan, memboroskan air dan listrik, menggunakan plastik dan kertas secara berlebih – yang berdampak pada kesulitan mendaur ulang bahan-bahan tersebut – menimbulkan onggokan di mana-mana, merupakan beberapa bentuk perilaku yang tak ramah terhadap lingkungan.

Hal ini tak lepas dari pendidikan dan asuhan yang diterima sejak kecil. Oleh karena itu sering ditemukan dalih ketidaksadaran sikap dan perbuatan yang timbul dalam kesehariannya. Ketidaksadaran bisa disebabkan oleh tidak adanya pemahaman yang benar tentang sikap terhadap lingkungan. Padahal di dalam Alkitab bisa ditemui pesan-pesan yang menegaskan tanggung jawab terhadapnya, seperti “ … penuhilah bumi dan taklukkanlah itu … ” (Kejadian 1.28b), atau “Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.” (Yeremia 29.7).Kepada kita telah diserukan perintah semacam itu. Jika kita tidak mematuhinya, siapa yang salah? 


YeeNWe (Cermin - Warta Jemaat, 16 Desember 2018)

AgusSusantoPdt. Em. Agus Susanto
AgusWijayaPdt. Agus Wijaya
YonatanWPdt. Yonatan Wijayanto
YosiPdt. Yosias N Wijaya
MandaPdt. Manda L Dandel
MarfanPdt. Marfan F Nikijuluw

Info Kontak: GKI Serpong

Giri Loka 2 Jl. Gunung Merbabu Blok R
BSD City Serpong

Koordinat GPS: 5:60 16,58,7" E: 1060 40' 16.6"
Telp (021)-5370366, Fax : (021)-5372125
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Badan Hukum

GEREJA KRISTEN INDONESIA SERPONG
Badan Hukum : SK Dirjen Bimas Kristen Depag. RI No: DJ III/Kep/HK.00.5/55/719/2007
DEPAG : NOMOR DJ III/Kep/HK.00.5/64/977/2004

Pengunjung

Flag Counter